5 Fungsi Penting Air untuk Tubuh

waifilter.com – Air sehari-hari kita gunakan untuk minum, mandi bahkan berenang namun apakah air ini memainkan peran penting untuk tubuh? Berikut penjelasan lengkapnya.

5 Fungsi Penting Air untuk Tubuh

  1. Hidrasi

Air membantu untuk menjaga hidrasi dan mencegah gejala seperti sakit kepala, kelelahan dan kulit kering. Kebanyakan orang meminum air sepanjang hari ketika mereka haus atau saat makan saja.

Namun ada beberapa orang yang membutuhkan dorongan untuk meminum air misalnya saja lansia atau anak-anak. Menjaga tubuh tetap terhidrasi bukan berarti Anda harus meminum air putih saja.

Anda bisa menyertakan sirup, teh atau kopi, bahkan air yang berasal dari buah dan sayur juga penting untuk tubuh.

  1. Proteksi

Air membantu jaringan lunak tetap sehat. Mata, hidung dan mulut dapat terhindar dari kekeringan dan tubuh terhidrasi dengan konsumsi air yang cukup. Area lainnya yang mendapatkan manfaat dari air ini diantaranya otak, darah dan tulang.

Lebih jauh, persendian seperti lutut, pergelangan kaki dan siku tetap terlubrikasi dan terasa nyaman, selain itu air juga membantu melindungi sumsum tulang.

  1. Membantu Mengeluarkan Kotoran dan Racun

Tentunya fungsi dari air ini sudah banyak diketahui dimana air dapat membantu proses pembuangan kotoran melalui urin dan buang air besar. Namun, asupan air juga memastikan zat sisa keluar dari tubuh melalui keringat. Hati, ginjal dan pencernaan juga membutuhkan air untuk membuang kotoran dari tubuh.

Anda juga dapat mencegah konstipasi atau sembelit dengan minum air yang banyak sehingga feses menjadi lebih lunak dan buang air besar lebih lancar.

  1. Pencernaan

Proses pencernaan dimulai dengan mengunyah, sebuah proses yang melibatkan air liur. Air liur pada dasarnya merupakan air yang membantu melembutkan makanan agar mudah di telan bersama dengan enzim yang melarutkan mineral dan nutrisi.

Air membantu tubuh untuk mencerna serat lartu termasuk pektin dan beta-glukan yang dapat ditemukan dalam oatmeal dan buah. Dengan air serat ini mudah larut dan membantu pencernaan dengan membantu melunakan feses agar mudah dikeluarkan.

  1. Suhu dan Regulasi Tubuh

Asupan air membantu mengatur suhu tubuh. Ketika kondisi di luar panas, tubuh cenderung berkeringat lebh sehingga kehilangan air yang banyak. Karena itu, menjaga suhu tubuh tetap stabil sangatlah penting.

Secara umum, Anda harus mengonsumsi air sekitr 1,5 liter sehari, meskipun setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda. Anda tentunya mengetahui lebih baik dari siapapun mengenai asupan air yang Anda buutuhkan.

Yang harus diingat adalah jika Anda sering melakukan olahraga tertentu, sedang demam atau sakit lainnya seperti muntah atau diare, minum air yang cukup untuk mengganti cairan yang keluar juga tidak kalah penting.