Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Tubuh

waifilter.com – Seperti namanya, air mineral mengandung jumlah mineral yang tinggi, terutama magnesium, kalsium dan sodium. Namun manakah air yang lebih baik, air mineral atau air biasa? Berikut penjelasannya.

Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Tubuh

Semua makhluk hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup. Tidak hanya mendukung fungsi fisik tubuh, air juga menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, dikarenakan nutrisi ini tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh.

Secara definisi, air mineral harus mengandung sejumlah mineral tertentu dan proses pengemasan dalam botol di lakukan dari sumbernya secara langsung. Beberpa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika mengonsumsi air mineral diantaranya:

  1. Sumber Magnesium

Air kebanyakan mengandung magnesium. Nutrisi ini memainkan peran penting untuk mengatur tekanan darah, gula darah dan fungsi saraf.

Beberapa sumber memiliki kadar magnesium yang tidak sama. Jumlah magnesium dalam air berkisar dari 1 mg/l hingga lebih dari 120 mg/l berdasarkan dari mana air ini diambil.

Ketika tubuh kekurangan magnesium, maka seseorang akan merasakan:

  • Hilangnya nafsu makan
  • Kelelahan
  • Lemah otot
  • Mual dan muntah

Kekurangan magnesium yang parah dapat mengakibatkan

  1. Menurunkan Tekanan Darah
  • Kesemutan dan mati rasa
  • Kram otot
  • Rendah kadar kalsium atau kalium
  • Perubahan suasana hati
  • Detak jantung tidak beraturan
  • Kejang

Memiliki kadar magnesium rendah dapat berkontribusi tekanan darah tinggi, gagal jantung kongestif dan kondisi yang menyebabkan detak jantung tidak beraturan.

Air mineral kaya akan magnesium yang dapat membantu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

Pada sebuah penelitian berskala kecil tahun 2014 yang melibatkan 70 orang dewasa dengan kondisi hipertensi dan kadar magnesium rendah ditemukan bahwa mengonsumsi 1 liter air mineral per hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Mengatur Sirkulasi darah

Air mineral mengandung jumlah kalsium, magnesium dan kalium yang besar. Semua mineral tersebut dapat membantu mengatur sirkulasi darah yang baik.

Kalsium sangat penting untuk membangun dan memertahankan kesehatan tulang juga mengatur ritme pada detak jantung.

  1. Memperkuat Tulang

Air mineral mengandung kalsium yang dapat menguatkan tulang. Ketika terjai kerusakan jaringan tulang, maka tubuh akan menghasilkan tulang yang baru untuk mengisi kekosongan akibat tulang yang rusak.

Pada usia remaja, tulang baru disimpan lebih cepat, namun, pada usia 20 tahun, pengeroposan tulang dapat terjadi lebih cepat dari pada pembentukan tulang itu sendiri.

Hal ini dapat memicu tulang menjadi lemah dan rapuh. Olahraga secara rutin dan menjalani diet tinggi kalsium dapat memperkuat tulang dan mencegah hilangnya massa tulang.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mendapatkan magnesium yang cukup dapat mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Air yang masuk ke dalam usus dapat meningkatkan konsistensi feses juga membantu merelaksasikan otot usus sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika mengonsumsi air mineral. Menurut para ahli mengonsumsi air dapat secara langsung dapat mendukung kesehatan tubuh secara maksimal.